Menu

Riwayat Kawah Putih | Kawahputihciwidey.com

June 15, 2012 | Kawah Putih Ciwidey

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Riwayat Kawah Putih

Gunung Patuha oleh masyarakat Ciwidey dianggap sebagai gunung tertua. Namun, Patuha konon berasal dari kata Pak Tua (Sepuh), sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, puncak Gunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat setempat sehingga tak seorang pun berani menginjaknya. Oleh karena itu, keberadaan dan keindahannya pada saat tersebut tidak sempat diketahui orang.

Menurut keterangan, Gunung Patuha pernah meletus pada abad X sehingga menyebabkan adanya kawah (Crater) yang mengerikan di sebelah puncak bagian Barat. Kemudian pada abad XII kawah disebelah kirinya meletus pula, yang kemudian membentuk danau yang indah.

Tahun 1837, seorang Belanda peranakan Jerman bernama Dr.Franz Wilhelm Junghuhn (1809 – 1864) mengadakan perjalanan ke daerah Bandung Selatan. Ketika sampai di kawasan tersebut, Jungjuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi, tak seekor binatang pun yang melintasi daerah itu. Ia kemudian menanyakan hal ini kepada masyarakat setempat, dan menurut masyarakat, kawasan Gunung Patuha sangat angker karena dianggap tempat bersemayamnya arwah para leluhur serta pusat kerajaan bangsa jin. part 1

Related For Riwayat Kawah Putih | Kawahputihciwidey.com