Kawah Putih Ciwidey Bangkit dari COVID-19

Covid-19 sudah 7 bulan mengunjungi Rakyat Indonesia dimulai sekitar bulan Februari 2020 sampai sekarang saat admin menulis – Kawah Putih Ciwidey Bangkit dari COVID-19 ( Ya Allah â€˜Azza wa Jalla terima kasih telah memberikan mahluk Covid-19 pasti apa yang Engkau berikan membawa kebaikan bagi kami semua ). COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona.

Tiket Kawah Putih Juni 2020

Kasus pertama penyakit ini terjadi di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Setelah itu, COVID-19 menular antarmanusia dengan sangat cepat dan menyebar ke puluhan negara, termasuk Indonesia, hanya dalam beberapa bulan.

Penyebarannya yang cepat membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Kebijakan inipun tentu dilaksanakan oleh objek Wisata Kawah Putih sejak diberlakukan PSPB pengunjung ke Kawah Putih berkurang bahan hampir tidak ada pengunjung dikarenakan ada penutupan (Pemerintah Kabupaten Bandung menginstruksikan penutupan sementara seluruh objek wisata di wilayahnya mulai hari ini, 21 Maret 2020, sampai 31 Maret 2020. Kebijakan tersebut diambil untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19. “kami Pemkab Badung sudah menginstruksikan dan meminta seluruh pengelola wisata dan daya tarik wisata yang ada di Badung ini baik yang dikelola oleh perseorangan, oleh desa, termasuk yang dikelola pemerintah untuk tutup semuanya,” kata Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Jimbaran, Kabupaten Badung, Sabtu (21/3/2020), seperti dikutip Antara).

Alhamdulillah semua aktifitas wisata Kawah Putih stop tidak beroperasi dan mulai dibuka kembali di bulan Juni 2020, saat ini di bulan Agustus 2020 pengunjung sudah mulai ada dengan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah melalui dinas Parawisata Kab.Bandung.

Pemberlakuan protokol kesehatan wajib dilaksakanan di lokasi objek wisata.Masker, jaga jarak, juga pengecekan suhu tubuh menjadi protokol umum yang diterapkan. Pembatasan kunjungan hanya 50 persen dari kapasitas juga wajib dipatuhi oleh pengelola objek wisata.

Tiap objek wisata memiliki protokol kesehatan berbeda. Objek wisata Kawah Putih, mengharuskan pengunjung mengisi formulir yang harus diisi oleh pengunjun sebelum membeli tiket. Formulir tersebut berisi sejumlah informasi mengenai riwayat kesehatan pengunjung, mulai dari kota asal, riwayat perjalanan, hingga penyakit berat yang diidap.

“Ini sangat penting untuk menelusuri riwayat kesehatan calon pengunjung. Begitu juga ketika ada yang positif akan memudahkan gugus tugas melacak interaksi yang dilakukan. Selain itu akan memudahkan medis dalam melakukan penanganan, misalnya jika penyakit bawaannya kambuh,” kata Duty Menager Kawah Putih M Ari Kurniawan, Minggu (14/6/2020).

Dikatakan Ari  pengisian formulir wajib dilakukan  bagi wisatawan yang akan mengunjungi Kawah Putih. Formulir tersebut bisa didapat secara online melalui  https://bit.ly/akbkawahputih.

“Sebelum masuk calon wisatawan harus mengisi formulir. Jadi saat membeli tiket, petugas akan melakukan pengecekan melalui nomor identitas pengunjung, bisa nomor SIM atau NIK. Kalau ternyata belum mengisi, maka kami perintahkan untuk mengisinya, baru bisa membeli tiket masuk. Pengisian formulir ini harus online, karena kalau pakai formulir kertas, kurang aman juga, alat tulis bisa menjadi sarana penyebaran virus,” ujarnya.

Selain itu, Ari mengarahkan pengisian formulir dilakukan pada hari yang sama kunjungan, karena sistem diupdate setiap hari.

Ya Allah terima kasih sudah kembali mengijinkan pembukaan kembali wisata Kawah Putih, pasti membawa berkah bagi kita semua untuk pengunjung dan semua yang terkait di objek wisata Kawah Putih sehingga kami bisa bangkit kembali bersama Covid-19 saat ini.

Untuk tiket kawah putih dan ontang-anting sekarang Rp.50.000,- per orang (Cek Price List di atas), jika masih ada peryanyaan, kritik saran atau apapun mengenai informasi ini call kami di 081323739973, terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul Kawah Putih Ciwidey Bangkit dari COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *